Jenis Bahan Jaket Yang Banyak Digunakan

Pilihan bahan jaket yang bagus

Pemilihan bahan untuk jaket merupakan hal penting yang harus diperhatikan dengan matang karena akan mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas Anda saat memakainya. Pelajari juga berbagai model pakaian dari konveksi seragam Bandung  yang simpel dan elegan sebagai rekomendasi. Di bawah ini adalah bahan jaket yang bisa Anda pilih.

 

1.Poliester

Poliester merupakan bahan plastik yang didesain sedemikian rupa sehingga lembut karena terbuat dari bahan polimer. Poliester serbaguna dan sering digunakan untuk membuat pakaian, termasuk jaket.

 

Keunggulan bahan polyester adalah tahan air dan tahan angin, sehingga bahan ini mudah kering, lebih awet, dan tahan terhadap jamur. Tak hanya itu, bahan polyester juga sangat ringan sehingga nyaman digunakan dan tidak menghambat pergerakan penggunanya.

 

2. Kanvas

Detail jaket terbuat dari bahan kain kanvas.

Detail jaket terbuat dari bahan kain kanvas.

Kain ini sering dijadikan bahan pembuatan jaket karena mempunyai daya tahan yang sangat baik. Hal ini disebabkan oleh sifat serat yang baik dan kecenderungannya yang kuat sehingga membuatnya tahan lama.

 

Contoh jaket puffer berbahan kain yang sering digunakan pada pakaian kantor.

Contoh jaket puffer berbahan kain yang sering digunakan pada pakaian kantor.

Meski teksturnya agak berat dan tebal, namun bahan kain kanvasnya tetap nyaman dipakai saat beraktivitas. Biasanya kain kanvas digunakan sebagai penutup luar untuk gaya kasual atau semi formal.

 

3. Taslan

Bahan jaket taslan sangat digemari karena sifatnya yang tahan air. Anda dapat menemukan berbagai jenis teslan, seperti teslan Salur dan teslan Milky.

 

Detail jaket taslan

Selain tahan air, jaket Taslan terlihat lebih berkilau dibandingkan kanvas.

Tesla memiliki ciri-ciri lembut dan ringan namun tetap kuat. Umumnya taslan digunakan sebagai bahan down jacket atau pakaian untuk aktivitas outdoor, seperti jaket trekking.

 

4. Wol

Wol adalah bahan yang terbuat dari campuran serat kapas dan wol. Serat kainnya yang lembut, halus dan hangat membuatnya cocok digunakan sebagai bahan jaket, khususnya model hooded. Wol juga umumnya ringan dan berwarna terang.

 

Bahan wol lebih disukai karena menyerap air dan tidak keras saat dikenakan. Karena khasiatnya tersebut, bahan fleece atau bulu domba banyak digunakan oleh para pendaki gunung. Anda juga bisa membaca tentang tips memilih baju lebaran yang nyaman dan tahan lama untuk anak sebagai inspirasi.

 

5. Denim

Jaket denim cocok untuk tampilan kasual.

Jaket denim cocok untuk tampilan kasual.

Jaket denim juga sangat populer dan digemari terutama di kalangan anak muda. Awalnya denim sering digunakan sebagai bahan pembuatan jeans. Seiring berjalannya waktu, denim mulai digunakan pada pakaian luar dan kemeja.

 

Teksturnya yang agak berat dan kasar, namun coraknya yang unik membuatnya digemari banyak orang. Denim memberikan tampilan kasual dan cocok untuk jalan-jalan bersama teman.

 

6. Payung

Jaket bahan parasut dengan logo custom.

Detail kain parasut yang digunakan untuk membuat jaket.

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, jaket parasut adalah pilihan terbaik. Diketahui bahwa kain payung memiliki ketahanan yang baik terhadap cipratan air dan angin saat hujan.

 

Selain itu, bahan payungnya juga tipis sehingga nyaman digunakan. Kekurangan dari bahan ini adalah tidak bisa menyerap keringat. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memakai payung luar ruangan saat cuaca panas. Karena khasiatnya tersebut, parasut juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan rompi antipeluru.

 

7. Bayi Terry

Salah satu bahan jaket yang saat ini banyak diminati adalah baby terry. Bahan ini terbuat dari bahan katun sehingga memiliki daya serap yang tinggi.

 

Permukaannya yang sedikit berbulu membuat kain terry terasa lembut saat dipakai. Meski sangat tebal, namun Baby Terry tetap nyaman dan sejuk dipakai. Selain itu, baby terry juga digunakan untuk membuat handuk dan sweater bayi.

 

8. Latihan

Bor ini disukai karena sifatnya yang kuat dan tahan lama, namun tetap lembut dan nyaman di kulit. Biasanya kain bergambar digunakan untuk membuat seragam militer.

 

Kain bor memiliki tiga jenis, antara lain bor putar, bor Jepang, dan bor Amerika. Bor putar memiliki serat yang kecil dan tahan air. Kain twisted drill sering digunakan untuk membuat seragam atau jaket almamater.

 

Berbeda dengan bor putar, bor Jepang terbuat dari serat yang lebih besar sehingga lebih kuat dan tebal. Tak hanya itu saja, kain bor jepang mempunyai warna yang tidak mudah luntur meski dicuci berkali-kali.

 

Sedangkan American Drill memiliki serat yang berukuran sedang sehingga teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan Twisted Drill dan Japanese Drill. Bor Amerika juga sering digunakan dalam pembuatan seragam perusahaan mobil.

 

9. Perkembangan yang tinggi

Kain high twist merupakan kain yang terbuat dari bahan sintetik, bersifat sedikit panas, dan terdapat pegas

Comments

Popular posts from this blog

Menurut Wikipedia Puggy 9

Pagar Beton Jawa Tengah Terbaik tebal 8cm

Layanan Sewa Bus Pariwisata Semarang Murah