SLIT LAMP : 4 Peran dokter dalam penggunaan untuk katarak

SLIT LAMP : 4 Peran dokter dalam penggunaan untuk katarak

Sahabat KMU mungkin masih asing dengan beberapa alat pemeriksaan mata, seperti  autorefractor, slit lamp, optalmoskop, dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang slit lamp mulai dari pengertian, fungsi, hingga kegunannya untuk penderita katarak. Untuk selengkapnya yuk simak artikel berikut!

Slit Lamp

Slit lamp merupakan suatu mikroskop yang menggunakan sinar terang ketika pemeriksaan segmen anterior mata. Sederhananya, alat ini merupakan alat yang digunakan dokter mata untuk melihat struktur mata dengan lebih jelas. Dengan menggunakan slit lamp dokter mata dapat mendiagnosis penyakit atau gangguan mata yang dialami. Alat ini merupakan biomikroskopis yang mana memungkinkan dokter mata memeriksa mata secara mikroskopis atau mendetail untuk mengetahui adanya kelainan atau masalah. Hasil pemeriksaan menggunakan alat ini memberi gambaran mendetail anatomi mata dengan variasi prinsip iluminasi.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Operasi Katarak Gratis 2023 di Klinik KMU

Fungsi Slit Lamp

Seperti pemeriksaan mata pada umumnya, pemeriksaan menggunakan slit lamp memiliki fungsi untuk mendeteksi gangguan pada mata sejak dini. Namun bedanya pemeriksaan menggunakan alat ini dapat melihat struktur mata lebih mendetail. Sebelum melakukan pemeriksaan, dokter mata akan memberikan obat tetes mata yang berfungsi untuk melebarkan pupil. Pelebaran ini akan mempermudah dokter untuk melihat struktur lain pada mata.

Baca Juga : Berminat Jadi Perawat Mata? Ini 7 Tugas Utamanya

Slit Lamp dalam Pemeriksaan Katarak

Katarak merupakan keadaan dimana terjadi kekeruhan pada lensa mata yang diakibatkan penambahan cairan dan denaturasi protein yang menyebabkan gangguan penglihatan. Kekeruhan ini terjadi akibat hidarasi, denaturasi protein dan proses penuan sehingga memberikan efek putih seperti awan pada mata. Kekeruhan ini mengakibatkan cahaya sulit mencapai retina sehingga penderita katarak mengalami gangguan penglihatan. Untuk mendeteksi terjadinya katarak dapat menggunakan slit lamp. Pemeriksaan menggunakan alat ini, mikroskop khusus yang dilengkapi cahaya untuk menerangi lensa, iris, dan kornea mata. Cahaya ini akan membantu dokter melihat kelainan pada mata dengan lebih jelas. Pada penderita katarak, pemeriksaan menggunakan slit lamp dilakukan pra dan pasca operasi. Pada pasca Operasi Katarak pemeriksaan dilakukan untuk memeriksa segmen anterior mata. Pemeriksaan ini untuk memindai ulang apakah pada terdapat jaringan parut   

Baca Juga : Biaya Operasi Katarak Tanpa Jahit Hanya 6 Juta!

Peran Dokter Dalam Penggunaan Slit Lamp

Alat ini dapat membantu dokter mata untuk melihat perkembangan pra dan pasca operasi katarak serta dapat mendiagnosisi gejala apa saja yang kita alami. Selain katarak, alat ini juga dapat membatu dokter mata mendiagnosis kondisi seperti di bawah ini : 

  • Ablasio Retina, yang mana pada penyakit ini ditandai dengan robeknya Retina sehingga mengakibatkan Retina lepas dari posisinya.
  • Degenerasi Makula, yakni kondisi kronis yang memengaruhi bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.
  • Sumbatan pada pembuluh retina, yakni sumbatan pada pembuluh darah mata yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara betahap maupun tiba-tiba.
  • Cedera pada kornea, keadaan ini diakibatkan cedera pada salah satu jaringan yang menutupi permukaan mata.

Baca Juga : Lasik

Apabila Sahabat KMU telah merasakan gejala katarak ataupun memiliki saudara bahkan orang sekitar yang mengalami katarak, kalian dapat pergi ke klinik KMU. Di klinik KMU, kalian akan mendapatkan servis terbaik dan dapat konsultasi dokter mata.  Dengan berbagai macam layanan yang ditawarkan, klinik KMU siap menangani katarak.

 

Comments

Popular posts from this blog

Menurut Wikipedia Puggy 9

Pagar Beton Jawa Tengah Terbaik tebal 8cm

Layanan Sewa Bus Pariwisata Semarang Murah